Sabtu, 07 Januari 2012

ciri2 kelinci hamil dan ingin melahirkan

Sesudah Induk Kelinci bunting selam 29 hari- 32 hari maka si anak kelinci pun dilahirkan. Anak kelinci belum memiliki bulu dan matanya masih tertutup. Bulu kelinci tumbuh di hari k-2 setelah kelahiran. Saat berumur 10 hari mata kelinci sudah terbuka dan melihat. Anak kelinci dapat mulai makan saat berumur 27 hari setelah dilahirkan dan juga dapat berlari-lari. Di minggu ke 8 anak kelinci sudah dapat disapih, karenaair susu induk sudah habis. Anak kelinci biasanya hanya menyusu pada malam atau pagi hari.
ciri-ciri nya adalah:
induk sebelumnya terlihat lemas,maka kita harus memberi makan yang banyak agar ketika melahirkan induk mempunyai banyak tenaga.puting susu induk terlihat membesar ,kita mengetahui nya dengan cara memegang bawah badan induk dengan meraba-raba.mulut induk terlihat merah merekah.ekor induk memebesar.jika di dekati oleh si pejantan ,si induk marah.

Cara Mengawinkan:

1. Perkawinan yang baik dan ideal adalah dimana Induk betina di masukkan ke dalam kandang Pejantan, dimana betina akan menurut untuk melakukan hubungan seksual karena pejantan akan menguasai area kandangnya sehingga angresif. Bisa juga , pejantan dimasukkan ke kadang betina tetapi tidak efektif karena jantan tidak langsung tertarik dengan betina tetapi akan menciumi daerah/kandangnya betina. Induk betina yang sudah siap untuk kawin ( ditandai dengan daerah kemaluannya yang merah/birahi ) akan menerima pejantan dimana posisi pejantan diatas betina , biasanya pejantan akan menciumi muka, telinga dan alat kelamin betina. Betina akan bersifat pasif dengan menyodorkan kelaminnya dengan cara menungging ke atas. Biasanya pejantan akan orgasme, terkulai lemas tidak lebih dalam waktu 1 menit . Setelah 1- 2 menit beristirahat, angkat betina dari kandnag pejantan untuk dimasukkan ke kandangnya kembali. Istirahatkan betina 15 - 30 menit, selama istirahat perhatikan kebutuhan minum tercukupi . Setelah itu masukkan kembali betina ke kandang pejantan untuk dikawinkan kembali. Kawin yang baik 2- 3 kali untuk menghasilkan jumlah anak yang banyak. Hal ini biasanya ditandai dengan betina suadh tidak mau dikawinkan lagi.
2. Kawin sodor , hal ini induk betina dipaksa kawin dengan pejantan dikandang pejantan dengan cara tangan kiri memegang kepala dan badan sedangkan tangan kanan membukakan bagian ekor dari bawah induk betina seperti posisi nunging dan disodorkan ke pejantan. Pejantan akan melakukan hubungan seksual dengan betina. Cara kawin ini kurang baik karena dengan cara pemaksaan. Karena induk betina yang diaraway dengan baik dan makanan bergizi dan minuman tercukupi , InsyaAllah induk betina tidak ada masalah dalam dikawinkan.
3. Perkawinan kelinci yang sangat baik dilakukan pada pagi hari ( pukul 05.00-07.00 WIB ) dan sore hari ( pukul 18.00 - 20.00 WIB )

Tidak ada komentar: